Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, 113.283 Kendaraan dari Jakarta Masuk ke Puncak Bogor

Kompas.com - 30/10/2020, 11:38 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan kendaraan yang masuk ke pintu tol Ciawi arah Puncak Bogor, Jawa Barat, sebanyak 113.283 kendaraan pada tiga hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad 1442 H, Jumat (30/10/2020).

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, jumlah tersebut merupakan kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari berbagai arah, salah satunya menuju selatan melalui Gerbang Tol (GT) Ciawi 1, Puncak Bogor.

"Jumlah kendaraan yang menuju arah GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 113.283 kendaraan," kata Heru dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: 50 Wisatawan di Puncak Reaktif, Dinkes: Kebanyakan dari Luar Bogor

Heru menjelaskan bahwa jumlah itu naik sebesar 27,6 persen dibandingkan dengan lalu lintas pada new normal selama beberapa hari terakhir.

"Dan pastikan sebelum memasuki jalan tol kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima," imbau Heru.

Jika dikalkulasikan, lanjut Heru, tercatat totalnya sebanyak 509.140 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui arah timur, barat termasuk arah selatan.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa GT Barrier Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,3 persen jika dibandingkan lalin new normal," ungkapnya.

Baca juga: Puluhan Wisatawan Reaktif Covid-19 di Puncak Bogor, Diminta Swab Test Lalu Pulang

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

"Istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com