Sampah di Kabupaten Bogor Capai 2.900 Ton Per Hari Selama PSBB

Kompas.com - 16/07/2020, 06:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Permasalahan  sampah di Kabupaten Bogor kembali menjadi sorotan setelah 2.400 ton sampah gagal terangkut.

Kondisi ini pun kian mengkhawatirkan karena produksi sampah terus meningkat selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pandemi Covid-19.

Data yang diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, dalam sehari, produksi sampah mencapai 2.900 ton atau setengah kilogram sampah per hari dengan asumsi jumlah penduduk sebanyak 5,9 juta jiwa.

Namun, sampah yang diangkut oleh 230 armada truk sampah dengan kemampuan satu rit sekali jalan itu hanya mampu terangkut 538,22 ton per hari atau setara 13.455 ton sampah per bulan.

Baca juga: Baduy Minta Ditutup karena Pengunjung Buang Sampah Sembarangan

Alhasil, sampah yang tidak terangkut tadi harus dibakar setiap harinya di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga, Kecamatan Cibungbulang.

"Itu asumsi kita (2.900 ton) setiap harinya. Tapi 538,22 ton yang baru terangkut dan sisanya ada sekitar 2.400 ton terpaksa dibakar di Galuga," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Bogor Anwar Anggana usai rapat pembahasan pengelolaan sampah di kantor bupati, Cibinong, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, untuk mengatasi problem sampah tersebut, ada alternatif solusi yaitu bisa dibuatkan zonasi sampah dengan membangun tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) per kecamatan.

Kendati demikian, Anwar mengakui bahwa selama ini pihaknya sudah berupaya menyiapkan beberapa langkah strategis itu.

Namun terdapat kendala, pertama karena minimnya unit truk operasional, kemudian TPAS Galuga memiliki lahan terlalu kecil dengan luas hanya 3,7 hektare.

Sedangkan Kota Bogor justru memiliki lahan lebih luas yaitu 38,7 hektare.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X