Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Jalur Puncak Macet 2 Kilometer

Kompas.com - 31/10/2020, 10:53 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Antrean panjang kendaraan mengular searah di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020) pagi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejak pukul 08.30 WIB, penumpukan kendaraan mulai terjadi di Ciloto Cipanas hingga Puncak Pass, atau sepanjang 2 kilometer.

Kondisi ini sebagai imbas adanya penutupan satu jalur ke arah Bogor, atau one way dari arah Bogor menuju Cianjur.

"Tadi dari jam delapan sudah tidak jalannya," kata Ahmad Husen (60), seorang penumpang bus rombongan kepada Kompas.com di Seger Alam Puncak, Sabtu.

Ahmad dan penumpang yang lain pun memutuskan untuk turun dan beristirahat di sejumlah rest area yang ada di sepanjang Puncak Pass.

Kondisi itu pun dimanfaatkan sejumlah pedagang asongan untuk menjajakan jualan mereka kepada para penumpang dan pengendara.

"Biasanya jalur mulai dibuka lagi nanti sekitar jam sebelasan," ujar Dang Asep (41), seorang pedagang di rest area Puncak Pass.

Baca juga: Pengguna Jalan Diingatkan Potensi Pohon Tumbang dan Longsor di Jalur Puncak

Sementara itu, Kasatlantas Polres Cianjur AKP Meilawaty saat dihubungi Kompas.com terkait situasi lalu lintas di jalur Puncak pagi ini belum memberikan informasi lengkap.

"Saya lagi di atas (jalur Puncak)," kata Meilawaty via telepon seluler, singkat.

Didominasi kendaraan pelat B

Sementara itu, pantauan di jalur Puncak, sejumlah kendaraan dari arah Bogor menuju Cianjur mulai berdatangan, dan didominasi kendaraan pelat B atau berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Libur Panjang, Kendaraan Besar Dilarang Melintasi Jalur Puncak

Pada hari keempat libur panjang akhir bulan ini, tngkat kunjungan wisatawan ke kawasan Puncak diprediksi akan meningkat drastis dibandingkan hari sebelumnya.

"Mau ke Kota Bunga sama keluarga. Tadi berangkat subuh dari Jakarta. Rencana mau liburan sampai besok," kata Sulaeman (56), seorang pengendara mobil saat ditemui Kompas.com di Simpang Hanjawar, Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com